'/> Penggunaan Do/Does, Did, Dan Done Dalam Bahasa Inggris -->

Info Populer 2022

Penggunaan Do/Does, Did, Dan Done Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Do/Does, Did, Dan Done Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Do/Does, Did, Dan Done Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris – Anda tentu sudah sangat sering mendengar atau membaca kata-kata do, does, did, ataupun done. Sudah sewajarnya anda sering menjumpai kata-kata tersebut alasannya memang kata-kata tersebut sangat banyak fungsinya dalam komunikasi bahasa inggris. Karena banyaknya fungsi penggunaan kata tersebut, tidak jarang malah menciptakan para pelajar kudang kecepengungan. Kata do/does, did, dan done ialah salah satu primary auxiliary verb (kata kerja bantu yang tidak mempunyai arti sendiri namun membantu dalam membentuk aksara kalimat), kata kerja tersebut berasal dari kata kerja do (verb1-bare infinitive), sedangkan does, did, dan done ialah turunannya. Does (verb1 – additional infinitive), did (verb2), done (verb3).

Walaupun do/does, did, dan done ialah salah satu primary auxiliary verb, namun sanggup juga difungsikan sebagai ordinary verb (kata kerja utama) sehingga fungsi sebagai primary auxiliary verb akan secara otomatis menghilang, hal ini berlaku juga pada primary auxiliary verb lainnya. Hal ini cukup rumit kalau anda belum memahaminya secara mendalam, sehingga sanggup menjadikan kudang kecepengungan. Namun jangan khawatir, untuk alasan tersebut postingan ini dibentuk biar anda sanggup memahami penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris secara mendalam.

 Anda tentu sudah sangat sering mendengar atau membaca kata Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Do/Does
Kata kerja do dan does ialah sama-sama verb1, yang membedakannya ialah kalau do merupakan bare infinitive, sedangkan does merupakan additional infinitive (do + es). Artinya penggunaan do atau does tergantung dengan subjeknya, perhatikan tabel dibawah ini:
Subjek Do/Does
IDo
YouDo
HeDoes
SheDoes
ItDoes
WeDo
TheyDo
BoyDoes
BoysDo
GirlDoes
GirlsDo
Beautiful girlDoes
Beautiful girlsDo
My friendDoes
My friendsDo
All of my friendsDo
My fatherDoes
My brotherDoes
Shinta (nama orang)Does
Budi (nama orang)Does
Etc…

Di dalam tenses, kata kerja do sanggup dipakai pada simple present tense, simple future tense, dan juga simple past future tense. Sedangkan kata kerja does hanya dipakai pada simple present tense saja. Makara kalau subjek yang seharusnya memakai does pada simple present tense, namun knorma dan adab subjek tersebut memakai simple future tense dan simple past future tense, maka subjek tersebut bisa memakai do. Artinya tiruana subjek akan memakai do kalau tenses yang dipakai ialah simple future tense dan juga simple past future tense, jadi perbedaan penggunaan do atau does ini hanya terjadi knorma dan adab memakai simple present tense saja.

Contoh:
Simple present tense
Kalimat positif
I do a great job.
He does a great job.
Kalimat negative.
I do not study.
He does not study.
Kalimat interogatif
Do they write a letter?
Does Mella often play piano?
Kalimat negative interogatif
Do they not write a letter?
Does Mella not often play piano?

Advertisement




Lalu bagaimana dengan teladan penggunaan do/does pada simple future tense dan simple past future tense? Untuk yang satu ini silahkan anda mencoba untuk membuatnya, bukannya saya tidak mau memmemberikan, namun saya ingin anda untuk memperlancar. Ini rumus untuk simple future tense Subjek + will/shall + verb1, dan ini rumus untuk simple past future tense Subjek + would/should + verb1. Silahkan share teladan penggunaan do/does versi anda melalui kotak komentar dibawah, saya tunggu lho.

Dalam membentuk sebuah kalimat di dalam bahasa inggris, pastilah ada kata kerjanya, entah itu kata kerja utama (ordinary verb), atau kombinasi kata kerja utama dan kata kerja bantu.

Jika anda masih resah dengan macam-macam kata kerja, baca: Materi kata kerja.

Sebagai contoh:
Berfungsi sebagai kata kerja utama (secara otomatis fungsi sebagai kata kerja bantu akan hilang)
  • I do the test.
  • We do the test.
  • He does the test.
  • She does the test.
Berfungsi sebagai kata kerja bantu
  • I do not study.
  • He does not study.
  • Do you study?
  • Does he study?
Study merupakan kata kerja utama, maka disini kata “do” dan “does” berperan sebagai kata kerja bantu untuk memperkuat aksara kalimat dalam tenses.

Penggunaan Did
Did ialah verb2 dari kata kerja do, did hanya dipakai pada simple past tense saja, tidak ibarat do dan does yang penggunaannya tergantung dengan subjek, lain kalau penggunaan did alasannya tiruana subjek memakai did, artinya penggunaan did ialah mutlak untuk tiruana subjek. Ada satu persamaan antara did dan do/does, yaitu sanggup difungsikan sebagai kata kerja bantu maupun kata kerja utama, penyusunannya juga sama ibarat do/does diatas, hanya saja ingat bahwa did hanya dipakai untuk simple past tense saja.

Contoh:
Kalimat positif:
I did the test yesterday.
She did the test yesterday.
Kalimat negative:
I did not study last night.
She did not study last night.
Kalimat interogatif:
Did you study last night?
Did he love me?
Kalimat negative interogatif:
Did you not study last night?
Did he not play football yesterday?

Penggunaan Done
Done merupakan turunan ketiga (verb3) dari kata kerja do, apapun subjeknya tetap memakai bentuk done, dan kata done ini sanggup dipakai pada present perfect tense, past perfect tense, future perfect tense, dan juga past future perfect tense.

Contoh:
Kalimat positif
  • I have done a great job.
  • He has done a great job.
  • I had done my homework.
  • He had done his homework.
  • I will have done the report.
  • She will have done the report.

Bingung dengan penggunaan have/has dan had, baca: Materi have/has dan had.

Nah, untuk teladan kalimat bentuk negative, interogatif, dan negative interogatif silahkan anda mencoba untuk membuatnya sendiri, ini akan menciptakan anda ludang kecepeh memahami bahan ini, dan jangan lupa share lewat kotak komentar dibawah.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan wacana penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris yang sanggup saya memberikankan. Semoga ulasan wacana penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris diatas sanggup menambah wawasan, pengetahuan, serta pemahaman anda tiruananya.
Advertisement

Iklan Sidebar